Pelayanan

Sistem Pelayanan           

Dalam rangka memberikan jasa pelayanan kepada pemakainya, perpustakaan menerapkan 2 (dua) sistem akses, yaitu:

a. Akses Langsung ke Internet

Untuk menelusuri koleksi perpustakaan melalui internet, mahasiswa Universitas Bung Hatta bisa langsung mengaksesnya dengan memperlihatkan Kartu Tanda Mahasisawa (KTM) kepada petugas.

b. Akses Terbuka (Open Source)

Sistem ini diterapkan pada semua layanan yang disediakan oleh perpustakaan, termasuk Perpustakaan FTI. Pada sistem ini, peminjam diberi keleluasaan untuk masuk dan mencari sendiri dokumen yang diinginkannya. Prosedur pelayanan pada sistem ini adalah sebagai berikut:

    • Gunakan jajaran katalog pengarang bila yang diketahui hanya pengarang dan jajaran katalog judul bila yang diketahu hanya judul buku dari buku yang akan dipinjam.
    • Catat nomor panggil yang tertera pada bagian sebelah kiri atas kartu katalog
    • Serahkan kartu mahasiswa (KTM) kepada pustakawan
    • Isilah formulir peminjaman yang telah disediakan
    • Cocokan nomor panggil dengan nomor yang tertera pada label buku

Prosedur peminjaman pada ruang layanan Skripsi/TA/KP adalah sebagai berikut:

    • Serahkan kartu mahasiswa (KTM) kepada pustakawan
    • Gunakan daftar judul Skripsi/TA/KP yang disusun menurut Fakultas, Jurusan dan tahunnya
    • Catat nomor panggil Skripsi/TA/KP
    • Cocokan nomor panggil dengan nomor yang tertera pada label Skripsi/TA/KP

 

Jenis Pelayanan

Jasa yang ditawarkan perpustakaan kepada pemakainya (mahasiswa, dosen, karyawan, dan masyarakat pengguna lainnya) adalah sebagai berikut:

    • Layanan Peminjaman & Pengembalian Bahan Pustaka
    • Layanan referensi & jurnal, koleksinya hanya dapat dibaca dan dikopi
    • Layanan surat kabat & majalah
    • Layanan karya ilmiah dosen
    • Layanan skripsi, TA & Laporan KP dan ruang baca
    • Layanan Fotokopi
    • Layanan internet

 

TATA TERTIB DAN SANKSI

A.        Tata Tertib

Setiap pengunjung yang akan menggunakan fasilitas perpustakaan diharuskan, sebagai berikut:

17.  Membawa kartu identitas yang masih berlaku atau surat pengantar dari instansi asal

18.  Menyimpan tas, map, jaket, buku dan barang lainnya pada loket/lemari yang sudah tersedia, kecuali barang-barang berharga seperti dompet/uang, HP, Laptop dan barang berharga lainnya.

19.  Mengisi buku kunjungan dan mengisi buku tamu lainnya.

20.  Bahan pustaka diambil sendiri dan atau petugas langsung yang mencarikannya sesuai dengan permintaan pengguna pustaka, dan diregister oleh petugas.

21.  Bagi pemustaka yang akan memfotokopi harus mencantumkan nomor buku anggota dan tanggal slip yang ada pada halaman belakang buku, guna menentukan pemakai bahan perpustakaan tersebut bagi pengunjung.

22.  Diwajibkan menjaga kebersihan, ketertiban, keindahan, ketenangan dan kenyamanan ruang perpustakaan.

23.  Tidak dibenarkan menggunakan HP selama berada diruangan, karena mengganggu pengguna pustaka lainnya

24.  Tidak dibenarkan merokok, makan/minum.

25.  Tidak dibenarkan merubah, memindahkan dan mengganggu fasilitas yang ada

 

B.         Sanksi

26.  Peminjam yang terlambat mengembalikan buku teks pada bagian sirkulasi, baik dosen, karyawan dan mahasiswa dikenakan denda indispliner Rp. 200 (dua ratus rupiah)/hari/buku

27.  Denda dihitung dan ditetapkan oleh Kabag. Sirkulasi dengan bukti kwitansi resmi

28.  Denda dibayar pada bagian Sirkulasi dengan memperlihatkan bukti kwitansi resmi tersebut

29.  Jika buku tidak dikembalikan dalam waktu satu semester bagi:

30.  Bahan pustaka yang hilang atau rusak karena peminjam harus diganti dengan buku yang sama. Jika tidak memungkinkan dapat diganti dengan buku yang sama, maka dapat diganti dengan kopiannya + jilid tebal sebanyak 2 (dua) eksemplar.

31.  Bagi peminjam yang sengaja merobek halaman buku atau merusak buku tersebut diwajibkan membuat surat perjanjian di atas materai dan mengganti dokumen tersebut dengan dokumen baru dalam judul yang sama

32.  Khusus untuk Koleksi Baca, dikenakan denda Rp. 5.000,- (lima ribu rupiah)/hari/buku bila dibawa pulang atau ke luar ruang baca

33.  Hak keanggotan/hak pemanfataan jasa perpustakaan dapat hilang atau dicabut jika tidak mengindahkan ketentuan di atas.

UPT Perpustakaan Universitas Bung Hatta beroperasi sejalan dengan berdirinya Universitas Bung Hatta pada tanggal 20 April 1981 oleh Yayasan Pendidikan Wawasan Nusantara (sekarang: Yayasan Pendidikan Bung Hatta) dengan mendapat restu dan izin dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melalui Koordinator Kopertis Wilayah I. Sebelum menempati gedung I (baca: i) yang sekarang,  Perpustakaan menempati ruang lain dalam beberapa periode.

Dari awal perpustakaan beroperasi hingga tahun 1993 telah beberapa kali pindah ruangan pelayanan, mulai dari gedung Letter U hingga gedung E (Rektorat sekarang), UPT. Perpustakaan telah dipimpin oleh beberapa orang kepala, antara lain: Suafni Chalid, SIP. (1981-1983), Sabaruddin Badaruddin, SH. (1983-1988), Drs. Nawir Muhar dan Drs. Zulfadli (1988-1993), sampai akhir tahun 1993 perpustakaan telah memiliki koleksi berjumlah 7.478 judul; 29.270 eksemplar.

Semenjak tahun 1993 Perpustakaan telah menempati gedung permanent gedung I (perpustakaan sekarang), pada tahun 1995 perpustakaan mulai merencanakan untuk memanfaatkan teknologi informasi untuk kepentingan pemakai, setahun kemudian dipasang jaringan LAN (Local Area Network ) untuk memudahkan pemakai mengakses informasi dalam bentuk data bibliografi, terutama buku teks yang ada diperpustakaan. sebanyak 11.000 cantuman.

Pada tahun 1999-2000 Saufni Chalid, SIP kembali dipercaya menjadi kepala UPT. Perpustakaan Universitas Bung Hatta untuk yang kedua kalinya, periode ini perpustakaan mulai menjajaki kerjasama dengan LIPI mengenai  Warung Informasi dan Teknologi (WARINTEK). Jumlah petugas perpustakaan saat itu sebanyak 16 orang, pada periode ini ditandai dengan dibukanya pelayanan Perpustakaan Cabang di Kampus III, Jl. Gajah Mada Gunung Pangilun, Padang, perpustakaan ini melayani sivitas akademika Fakultas Teknologi Industri, koleksi terbatas pada subjek atau bidang elektro, mesin, kimia dan industri, dan perpustakaan kampus III dipimpin oleh seorang Kepala setingkat Kapala Bagian yang membawahi 2 sub bagian.

      Tahun 2000, diangkat Dr. Drs. Welya Roza, M.Pd.sebagai kepala Perpustakaan, periode ini perpustakaan menindaklanjuti kerjasama dengan PDII-LIPI dengan menandatangani kesepakatan mengelola WARINTEK. Perpustakaan juga mulai merencanakan pembangunan jaringan (LAN). Diharapkan jaringan tersebut dapat terlaksana pada awal tahun 2005, karena kesibukan sebagai dosen tetap  di FKIP Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris, yang bersangkutan mengundurkan diri sebagai kepala UPT. Perpustakaan, dan digantikan oleh Erdi Ailisman, S.H. sebagai pejabat sementara Kepala UPT. Perpustakaan Universitas Bung Hatta pada tahun 2004.

Pada bulan Januari 2005 Drs. Firdaus Sy., M.P diangkat sebagai pejabat sementara kepala perpustakaan. Pada periode ini, UPT. Perpustakaan Universitas Bung Hatta berhasil memperoleh dana hibah ISS-TPSDP sebesar ± Rp. 800 juta dari Dikti melalui program Institutional Supperting System - Technological and Professional Skills Development Sector Project (ISS - TSPDP)

 Pada bulan Juni 2007, Drs. Arwendria, S.I.P., M.Si. diangkat sebagai Kepala UPT Perpustakaan menggantikan Drs. Firdaus Sy., M.P. yang dikosentrasikan kembali secara optimal sebagai staf pengajar pada Fakultas Ekonomi Jurusan Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan Universitas Bung Hatta, Tahun 2010 diangkat Rembai, SH sebagai Pelaksana Tugas Kepala UPT Perpustakaan menggantikan Drs. Arwendria, S.I.P., M.Si., karena yang bersangkutan mengundurkan diri sebagai karyawan Universitas Bung Hatta.

Pada tanggal 26 Agustus 2011 sampai sekarang. Rektor Universitas Bung Hatta mengangkat Ir. Yuspardianto., M.Si sebagai pejabat sementara kepala perpustakaan yang juga dosen tetap Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan pada Jurusan Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan (PSP)

Page 1 of 2

Kontak Kami

Kampus I Universitas Bung Hatta


Jl. Sumatera Ulak Karang Padang, Sumatera Barat


Phone Number (0751) 445527


Fax Number (0751) 445527

Proquest & Ebsco

Copyright © 2018 Pustikom Universitas Bung hatta